Pernyataan masalah DFB menyangkal klaim ‘rasisme’ Ozil.

Federasi Sepak Bola Jerman telah membalas pernyataan mengejutkan sang  gelandang Arsenal pada hari Minggu.

Federasi Sepakbola Jerman (DFB) membantah tuduhan Mesut Ozil tentang rasisme dan bersikeras dia seharusnya menjelaskan tindakannya setelah pertemuannya dengan presiden Turki yang kontroversial, Recep Tayyip Erdogan.

Ozil meluncurkan serangan mengejutkan pada DFB dan presidennya Reinhard Grindel pada hari Minggu, menuduh mereka “rasisme” saat ia mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional.

Pemain berusia 29 tahun, yang memiliki darah keturunan Turki, datang untuk kritik yang signifikan sebelum Piala Dunia ketika digambarkan bersama Erdogan bersama dengan Ilkay Gundogan dari Manchester City.

Ozil secara luas dicemooh di pertandingan persahabatan pra-Piala Dunia oleh fans Jerman, sementara pejabat DFB secara terbuka mengkritiknya untuk pertemuan itu, membuat gelandang itu merasa seolah-olah dia tidak dilindungi oleh federasi negaranya sendiri.

DFB menanggapi pada hari Senin dan mengakui itu memainkan peran dalam pertanyaan yang diajukan dari tindakan Ozil, tetapi mempertahankan dia seharusnya mengikuti jejak Gundogan dan menjelaskan dirinya sendiri.

“Gambar-gambar dengan presiden Turki, Erdogan, menimbulkan pertanyaan di masyarakat Jerman,” kata pernyataan itu. “Kami mengakui bahwa DFB memiliki andil dalam hal ini.”

“Dan kami menyesal bahwa Mesut Ozil merasa bahwa dia tidak cukup terlindung dari slogan rasis – seperti Jerome Boateng dulu.

“Tetapi penting bahwa Mesut Ozil memberikan jawaban atas topik tersebut, seperti yang dilakukan Ilkay Gundogan, terlepas dari hasil di Piala Dunia di Rusia. Di DFB, kami menang dan kalah bersama, semua orang sebagai satu tim.

“DFB akan senang jika Mesut Ozil tetap menjadi bagian dari tim. Dia memutuskan untuk tidak melakukannya.”

“Kami menghormati itu dan itu adalah tanda bukti respek bahwa kami meninggalkan beberapa pernyataan yang tidak kami setujui dalam hal konten dan nada yang tidak berkomentar di depan umum.

“Kami dengan tegas menolak DFB yang terkait dengan rasisme. DFB telah sangat terlibat dalam kerja integrasi di Jerman selama bertahun-tahun.

“DFB menyesalkan kepergian Mesut Ozil dari tim nasional. Namun, ini tidak mengubah penentuan asosiasi untuk melanjutkan keberhasilan kerja integrasi secara konsisten dan dengan keyakinan mendalam.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *